Pentingnya Kelestarian Alam Sebuah Negara

Pentingnya Kelestarian Alam Sebuah Negara – Sumber daya alam atau yang biasa disebut dengan SDA merupakan segala hal yang berasal dari alam serta dapat dimanfaatkan oleh manusia guna memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya. Perlu diketahui bahwa, sumber daya alam setiap negara memiliki potensi yang sangat tinggi untuk digunakan dan dapat digunakan sebagai salah satu faktor meningkatnya perekonomian negara. Namun tak jarang terjadi permasalahan pada sumber daya alam yang dipicu oleh banyak hal. Keberadaan sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan oleh manusia terbagi menjadi dua komponen yaitu biotik dan abiotik. Komponen biotic terdiri atas mikroorganisme, manusia dan tumbuhan. Untuk komponen abiotik terdiri atas gas alam, serta berbagai jenis air, tanah dan logam.

Adanya sumber daya alam di setiap negara sangat diperlukan oleh guna menunjang hampir seluruh kebutuhan manusia, namun saat ini masih belum tersebar secara merata di berbagai negara. Salah satu masalah yang kerap terjadi adalah perkembangan perekonomian suatu negara yang tidak sejalan dengan jumlah kekayaan sumber daya alam. Melihat permasalahan yang terjadi pada keberadaan sumber daya alam tersebut, suatu negara melakukan sebuah upaya guna menjaga keberadaan segala sesuatu yang ada di alam.

Tindakan atau upaya yang dilakukan oleh salah satu anggota judi bola di situs agen bola untuk menjaga keseluruhan dari sumber daya alam secara terus menerus dan berkesinambungan dari segi jumlah maupun mutu tersebut biasa disebut dengan konservasi. Kegiatan konservasi sumber daya alam yang dilakukan berguna untuk melakukan penghematan penggunaan sumber daya alam yang ada di sekitar serta memperlakukannya sesuai dengan hukum alam. Sumber daya alam harus dikelola dengan baik agar dapat membantu peningkatan perekonomian negara. Pengelolaan sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan dengan bijaksana dapat menjamin jumlah persediaan sumber daya alam agar tetap dapat terpelihara dan semakin meningkatkan kualitas nilai serta keanekaragaman. Terwujudnya kelestarian sumber daya alam yang berkesinambungan dengan ekosistem dapat mendukung seluruh upaya peningkatan kesejahteraan rakyat berdasarkan hukum alam.

Konservasi sumber daya alam yang dilakukan didasarkan pada strategi konsevasi di dunia sejak tahun 1980 dan diumumkan di negara Indonesia oleh empat menteri yaitu menteri RISTEK, menteri Penerangan, Menteri PPLH, dan menteri pertanian yang di dalamnya terdiri atas 3 aspek penting diantaranya :

1. Pelestarian dan pengawetan aneka ragam genetic
Pelestarian genetic dibuat guna membuat keanekaragaman jenis satwa dan tumbuhan menjadi saling berkesinambungan beserta dengan ekosistem yang dimilikinya.

2.Perlindungan sistem penyangga kehidupan
Sistem penyangga kehidupan manusia harus berada dalam keadaan yang seimbang, sehingga harus dilakukan perlindungan proses secara ekologis, baik lingkungan buatan yang berada dalam kondisi tidak stabil ataupun lingkungan alam yang telah berada di kondisi yang stabil.

3. Pelestarian manfaat
Saat ini banyak dilakukan berbagai pemanfaatan spesies dari fauna dan flora. Pemanfaatan seluruh spesies yang dilakukan akan membuat keberadaan sumber daya alam menjadi semakin stabil dan seimbang.

Selain itu, terdapat perlindungan berbagai jenis spesies yang diperlukan sebagai peraturan perundang – undangan untuk menangani beberapa masalah yang berkaitan dengan sumber daya alam. Beberapa hal yang berkaitan yaitu pertumbuhan jumlah penduduk yang tinggi, jumlah penduduk yang tidak menentu dan tidak merata, serta hampir seluruh mata pencaharian masyarakat bersifat agraris sehingga sangat memerlukan lahan.
Pada umumnya, konservasi yang dilakukan untuk sumber daya alam akan terus menerus diwarisi oleh generasi yang akan datang sehingga sumber daya alam harus benar – benar di kendalikan dan dikembangkan agar tetap dalam kondisi lestari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!