Sumber Daya Alam Negara Harus Dikelola Dan Dikembangkan

Sumber Daya Alam Negara Harus Dikelola Dan Dikembangkan

Sumber Daya Alam Negara Harus Dikelola Dan Dikembangkan – Sumber daya alam merupakan segala sesuatu yang berasal dari alam dan dapat dimanfaatkan menjadi berbagai hal guna memenuhi kebutuhan hidup manusia. Di dalam sumber daya alam terdapat beberapa komponen penting, yaitu komponen abiotik dan komponen biotic. Komponen abiotik terdiri atas berbagai jenis tanah, air dan logam, gas alam, serta minyak bumi. Sedangkan untuk komponen biotic terdiri atas tumbuhan, hewan dan mikroorganisme. Sumber daya alam harus dimanfaatkan oleh manusia agar menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Keberadaan sumber daya alam kerap digunakan sebagai penunjang kebutuhan manusia, namun yang disayangkan masih belum merata di seluruh negara.

Kekayaan nonhayati dan hayati sangatlah melimpah di negara Brazil, Maroko, Indonesia dan Kongo. Namun sering kali kekayaan sumber daya alam ini tidak berjalan seimbang dengan kemajuan ekonomi di berbagai negara tersebut. Seiring berkembangnya jaman yang semakin modern ini didapati tak sedikit permasalahan yang berkaitan dengan sumber daya alam. Beberapa permasalahan yang sering terjadi pada sector pertambangan dapat diatasi jika terjadi kesatuan paham bahwa adanya SDA atau sumber daya alam haruslah dikuasai dan dikelola sedemikian rupa oleh suatu negara untuk dimanfaatkan sebesar – besarnya demi kesejahteraan masyarakat.

Keberadaan sumber daya alam di berbagai negara yang begitu melimpah sesungguhnya memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan oleh masyarakat, namun kurangnya pengetahuan masyarakat akan hal tersebut menyebabkan sering terjadi masalah mengenai sumber daya alam. Tak hanya itu, sumber daya alam pun tidak dapat terus berkembang dengan semestinya jika tidak dikelola dengan baik. Dalam hal ini pemerintah yang harus mengambil bagian untuk terus mengelola dan memberi arahan kepada rakyat agar sumber daya alam dapat benar – benar dikelola.

Sumber daya alam yang telah dikelola dengan baik akan semakin menyejahterakan para masyarakat di berbagai negara. Pemerintah seharusnya tidak bersikap seolah tidak peduli dengan keberadaaan sumber daya alam di suatu negara karena sumber daya alam pun juga dapat semakin meningkatkan perekonomian negara dengan melakukan ekspor di luar negeri. Tak sedikit permasalahan yang dihadapi mengenai sumber daya alam yang harus segera diatasi.

Pemanfaatan sumber daya alam dapat dilakukan dengan memanjangkan rantai dari pengolahan, baik secara teknologi maupun biaya. Setiap negara diharapkan untuk mampu mengelola setiap potensi dari sumber daya alam itu dengan sangat baik dan tepat. Jika sumber daya alam dimanfaatkan dan dikelola dengan baik, maka timbal balik akan kembali kepada sebuah negara. Permasalahan yang sering terjadi dalam suatu negara mengenai sumber daya alam adalah masalah ekspor ke luar negeri. Kegiatan ekspor dari hasil sumber daya suatu negara dapat meningkatkan hasil perekonomian. Maka tak heran jika suatu negara secara besar – besaran terus memanfaatkan sumber daya alam yang dimilikinya.

Mengenai proses pengelolaan sumber daya alam pun harus dilakukan sebaik mungkin guna mencegah terjadinya pengaruh negatif dari negara lain ataupun lingkungan lain. Sumber daya alam yang terus dikelola dan dimanfaatkan dimaksudkan agar ke depannya dapat terus digunakan oleh generasi – generasi berikutnya. Tentunya dengan harapan bahwa sumber daya alam tersebut benar – benar dapat dimanfaatkan sebaik- baiknya dan untuk fungsi yang penting baik bagi negara itu sendiri, maupun saat dilakukan kegiatan ekspor di suatu negara. Terutama bagi para generasi penerus bangsa yang nantinya akan menjadi pewaris, harus dapat mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di negara dengan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!