Sumber Daya Alam Taman Nasional Kruger Afrika

Sumber Daya Alam Taman Nasional Kruger Afrika – Sebuah tempat yang merangkum esensi keindahan Afrika dan beragam satwa liar, Taman Nasional Kruger adalah area bagi para petualang.

Sumber Daya Alam Taman Nasional Kruger Afrika

forester – Kruger Park Safaris menawarkan rangkaian safari, aktivitas, dan tur yang unik untuk menjadikan pengalaman margasatwa Anda luar biasa.

1. Taman Nasional Beragam

Dikutip dari krugerpark, Taman Nasional Kruger adalah salah satu Taman Nasional terbesar di Afrika. Kota ini terletak di ujung Timur Laut Afrika Selatan dan membentang di atas provinsi Mpumalanga dan Limpopo. Area permukaan taman mencakup 19633 km² karena banyak cagar alam di sekitarnya telah melepas pagarnya, memungkinkan satwa liar berkeliaran dengan bebas di antara cagar alam. Ini telah menciptakan kawasan satwa liar yang tiada duanya, karena keindahannya meresap ke dalam diri siapa saja yang mengunjungi tempat yang beragam ini. Daerah ini memainkan rumah bagi sejumlah spesies termasuk:

Baca juga : Sumber Daya Alam Taman Nasional Amboseli

147 Mamalia
114 Reptil
507 Spesies Burung
34 Amfibi
336 Spesies Pohon

2. Sejarah Singkat taman

Sabie Game Reserve (seperti yang kemudian dikenal) diproklamasikan pada tahun 1892 oleh presiden Republik Transvaal, Paul Kruger. Daerah antara Sungai Sabie dan Buaya awalnya disisihkan untuk perburuan terbatas dan pada tahun 1902 James Stevenson-Hamilton ditunjuk sebagai sipir pertama.

Pada Mei 1926, Suaka Margasatwa Sabie dan Shingwedzi digabungkan menjadi Taman Nasional Kruger. Ada hampir 254 situs warisan budaya di Kruger termasuk situs seni cadas. Homo erectus (manusia purba) menjelajahi daerah itu antara 500.000 dan 100.000 tahun yang lalu dan artefak budaya telah ditemukan dari 100.000 hingga 30.000 tahun yang lalu.

Ada banyak bukti dari orang-orang San dan Zaman Besi yang tinggal di tanah ini 1500 tahun yang lalu dan ada cerita sejarah dari penjelajah dan pemukim Nguni dan Eropa di daerah Kruger.

3. Pengenalan Taman Nasional Kruger

Taman Nasional Kruger adalah unggulan wisata satwa liar di Afrika Selatan dan salah satu tujuan safari favorit dunia. Terletak di jantung pusat safari di sudut timur laut negara itu, taman nasional yang ikonik ini menawarkan kepada pengunjung 2 juta hektar keindahan yang tak tertandingi dan keanekaragaman fauna dan flora yang luar biasa.

Ada sesuatu untuk semua orang di kawasan hutan belantara yang luas dan dilindungi, apakah Anda seorang penggemar satwa liar, pecinta burung, pecinta alam, atau hanya mendambakan kehidupan kota yang sibuk untuk kedamaian dan ketenangan di lingkungan hutan semak yang indah.

Taman Kruger dan tetangga eksklusifnya, Greater Kruger, membentang di perbatasan provinsi Mpumalanga dan Limpopo dan berbatasan dengan Zimbabwe dan Mozambik. Ini adalah salah satu kawasan hutan belantara terlindung terbesar di benua itu dan tentu saja salah satu yang paling beragam.

4. Apa yang tidak disukai dari Taman Kruger?

Kami membagikan beberapa fakta dan rekomendasi menarik untuk tempat menginap dan hal yang dapat dilakukan di Taman Kruger untuk liburan safari impian Anda. 10 Fakta Menarik tentang Taman Nasional Kruger

1) Kruger Park adalah taman nasional terbesar dan tertua di Afrika Selatan. Ada 21 taman nasional yang didukung negara di negara yang dikelola oleh South African National Parks (SANParks). Kruger Park adalah taman nasional unggulan Afrika Selatan dan tujuan safari yang ikonik.

2)Taman Kruger sangat besar. Ini mencakup area seluas 20.000 kilometer persegi (2 juta hektar) yang membuatnya berukuran sama dengan Israel dan sedikit lebih kecil dari Belgia. Taman ini memiliki panjang 360 kilometer dan lebar 65 kilometer.

3) Afrika Selatan, Zimbabwe, dan Mozambik bertemu di titik paling utara Taman Kruger di mana sungai Luvuvhu dan Limpopo bertemu di Crookes Corner di segitiga Pafuri. Jika Anda berdiri di Crookes Corner melihat ke utara; Mozambik di sebelah kanan Anda, Zimbabwe di depan dan Afrika Selatan di belakang Anda.

4) Taman Kruger berusia hampir 100 tahun. Itu dinyatakan sebagai ‘zona dilarang berburu’ pada tahun 1898 dan akhirnya dinyatakan sebagai taman nasional pada tahun 1926. Itu muncul melalui penggabungan cagar alam Sabie dan Shingwedzi. Turis pertama yang memasuki Taman Kruger pada tahun 1927 dikenakan biaya masuk sebesar £

5) Ada bukti bahwa manusia menduduki wilayah hutan belantara lebih dari satu setengah juta tahun yang lalu. Para arkeolog telah menemukan alat dan artefak yang berasal dari Zaman Batu, termasuk situs lukisan batu yang signifikan. Thulamela di ujung utara adalah situs berdinding batu yang dibangun lebih dari 500 tahun yang lalu dan berasal dari Zaman Besi.

6) Taman nasional dinamai untuk menghormati Paul Kruger, presiden mantan Republik Transvaal. Kruger berjuang keras agar kawasan hutan belantara diproklamasikan sebagai taman nasional dan agar sumber daya alamnya yang berharga dilindungi dari perburuan yang tidak terkendali dan perburuan liar yang merajalela. Butuh waktu 12 tahun sejak Paul Kruger pertama kali mengajukan gagasan itu di parlemen hingga akhirnya kawasan itu diproklamasikan.

7) Kolonel James Stevenson-Hamilton adalah pengawas pertandingan pertama yang ditunjuk untuk mengawasi jalannya apa yang akan menjadi Taman Kruger. Pada saat itu Sabie Game Reserve. Mantan perwira kavaleri Skotlandia bertempur di Anglo Boer Ware sebelum mengambil perannya sebagai sipir pada tahun 1902. Stevenson-Hamilton bekerja tanpa lelah selama 44 tahun untuk membangun Taman Kruger sebagai entitas pariwisata dan konservasi kelas dunia. Jurnalnya disimpan di museum memorial Stevenson-Hamilton di Skukuza Rest Camp.

8) Setiap tahun, hampir 1 juta orang mengunjungi Taman Kruger dan setidaknya 80% adalah wisatawan Afrika Selatan. Pengunjung dimanjakan dengan pilihan tempat menginap di Taman Kruger. Ada 21 perusahaan yang dikelola SANParks dan 15 pondok safari mewah yang merupakan bagian dari kumpulan konsesi swasta di Kruger Park.

9) Kruger Park adalah rumah bagi Big 5 yang terkenal yang meliputi gajah, kerbau, badak, singa, dan macan tutul. Tapi itu belum semuanya! Taman nasional ini terkenal di dunia karena keanekaragaman hayatinya yang luar biasa, kehidupan burung yang subur, dan beragam satwa liar. Gabungan, Taman Nasional Kruger dan Kruger Raya mewakili salah satu biosfer terbaik dan paling beragam di Afrika. Wilayah hutan belantara yang dilindungi yang luas adalah inti dari Kruger2Canyons (K2C) dan Manusia dan Biosfer Vhembe UNESCO, dan jantung dari Kawasan Konservasi Lintas Batas Limpopo Besar (Perjanjian GLTP, 2002).

10) Kruger Park adalah satu-satunya taman nasional di Afrika yang memiliki bandara internasional dan lapangan golf sendiri. Bandara Skukuza melayani penerbangan terjadwal dan charter dari tujuan safari Afrika seperti Botswana, Zimbabwe, dan Mozambik. Skukuza Golf Club memiliki lapangan golf 9 lubang yang terletak di tepi Sungai Sabie. Ini tidak berpagar sehingga tidak jarang pegolf melakukan tee off dengan uang, jerapah, dan zebra di fairways.

Taman Nasional Kruger adalah inti dari Kruger2Canyons dan Manusia dan Biosfer Vhembe UNESCO, dan inti dari Kawasan Konservasi Lintas Batas Limpopo Besar (Perjanjian GLTP, 2002).

Cagar Biosfer Kruger2Canyons (K2C) didaftarkan pada September 2001 di Paris oleh UNESCO. Ini menjadi situs Cagar Biosfer ke-411 yang terdaftar di 94 negara di seluruh dunia dan diakui signifikansi globalnya.

Cagar Biosfer Vhembe terletak di timur laut Afrika Selatan dekat perbatasan dengan Botswana, Mozambik, dan Zimbabwe.

Cagar alam ini meliputi bagian utara Taman Nasional Kruger, Taman Nasional Mapungubwe dan situs Warisan Dunia, beberapa Cagar Alam Provinsi, dua pusat keanekaragaman hayati dan endemisme yang diakui (Soutpansberg dan Blouberg), dan Dataran Tinggi Makgabeng, yang berisi lebih dari 1.000 seni cadas situs.

5. Ke mana harus pergi di Taman Nasional Kruger?

Taman Kruger sangat luas dan tempat Anda menginap tergantung pada minat Anda dan apa yang ingin Anda lihat. Pada dasarnya, Anda dapat menggunakan pedoman ini:

Jika burung lebih penting daripada kawanan besar hewan dan Anda punya waktu untuk bepergian, tetaplah di ujung utara di salah satu sudut paling spektakuler di Kruger di sekitar Punda Maria dan Pafuri.

Jika Anda menginginkan gajah, tidak ada kerumunan dan dapat mentolerir kondisi yang sangat panas, lembab dan gersang; tinggal di bagian utara sekitar Olifants dan Letaba.

Jika Anda ingin melihat penampakan singa dan Kucing Besar lainnya yang luar biasa dan menikmati pemandangan permainan yang luar biasa tanpa kerumunan safari, tetaplah di bagian tengah di sekitar Orpen dan Satara.

Jika Anda ingin melihat 5 Besar dan hewan sebanyak mungkin dalam waktu sesingkat-singkatnya dan tanpa melakukan perjalanan jarak jauh, tetaplah di bagian selatan antara Pretoriuskop, Lower Sabie dan Skukuza.

6. Taman Kruger Selatan

Kruger Selatan dibatasi oleh Sungai Buaya di selatan dan Sungai Sabie di utara. Padang semak subur dan ada banyak sumber air permanen, yang berarti daerah selatan memiliki salah satu konsentrasi hewan tertinggi di Taman.

Anda akan melihat penampakan 5 Besar yang luar biasa di zona selatan dengan jaminan penampakan singa, badak, dan kawanan besar gajah dan kerbau di segitiga Pretoriuskop, Lower Sabie, dan Pretoriuskop. Ada lebih sedikit singa di wilayah selatan karena mereka cenderung mengikuti kawanan besar antelop yang menyukai wilayah tengah.

Kruger Selatan juga kaya akan sejarah karena berfungsi sebagai pintu gerbang ke pelabuhan Lourenço Marques (sekarang Mozambik) bagi para pedagang kuno. Ini juga merupakan tempat kelahiran anjing terkenal Kruger, Jock of the Bushveld, yang bepergian dengan Percy Fitzpatrick yang pemberani.

Kelebihan tinggal di Kruger selatan
bagian yang paling mudah diakses; mudah dijangkau dari Johannesburg dan Nelspruit
konsentrasi tertinggi permainan
pemandangan yang luar biasa dan vegetasi yang rimbun
kaya akan sejarah
banyak pilihan akomodasi
rumah bagi kamp istirahat dan pusat administrasi terbesar di Kruger

Kontra tinggal di Kruger selatan
bagian tersibuk dari taman
‘antrian untuk melihat’ saat melihat hewan animal

7. Taman Kruger Tengah

Central Kruger Park adalah area terbesar dari taman nasional dan membentuk 30 persen dari luas permukaan. Itu terletak di antara Sungai Sabie dan Sungai Olifants. Hamparan padang semak ini mendapatkan curah hujan yang lebih tinggi yang berarti rumput yang lebih manis untuk penggembalaan dan banyak pohon penjelajah. Hal ini pada gilirannya menarik banyak antelop serta jerapah, zebra, dan rusa kutub.

Dengan banyak makanan, Kruger tengah juga dikenal sebagai ‘Ibukota Kucing Besar Kruger’. Zona ramah lingkungan ini mendukung hampir setengah dari populasi singa Taman serta sejumlah besar macan tutul, hyena, dan cheetah. Diperkirakan setidaknya ada 60 individu singa di Kruger tengah.

Vegetasinya tidak rimbun seperti Kruger selatan tetapi masih merupakan hamparan hutan belantara yang indah. Kruger Tengah dicirikan oleh campuran thornveld dan hutan dengan padang rumput sabana yang merumput manis. Sempurna untuk tampilan game yang mudah dan berlimpah.

Kelebihan tinggal di pusat Kruger
permainan umum yang bagus dengan populasi antelop yang kuat
konsentrasi tertinggi singa dan jumlah macan tutul, hyena, dan cheetah yang kuat
kerumunan safari menipis

Kontra tinggal di pusat Kruger
lebih jauh dengan berkendara dari Johannesburg dan Nelspruit
perjalanan lebih lama antara kamp istirahat rest
lebih panas dan lebih lembab daripada Kruger selatan

8. Taman Kruger Utara

Kruger Utara sangat berbeda dari Taman Kruger selatan dan tengah dan menarik sekumpulan pecinta alam dan satwa liar yang berbeda. Ini menerima curah hujan tahunan yang sangat sedikit dan semi-kering dan dingin. Ini memiliki daya tarik tersendiri, dengan lanskap tandus yang luas dihiasi dengan semak mopane.

Fitur penebusan Kruger utara adalah lima sungai besar membentuk jalan melintasi lembah, dua sungai terkenal adalah Olifants dan Letaba. Sumber air permanen ini menciptakan permadani hutan sungai yang rimbun dan menarik hewan ke tepi sungai mereka yang subur. Melihat permainan di sepanjang tepi sungai sangat fantastis dan Anda mungkin akan melihat macan tutul di pohon ara besar, tamboti, dan daun apel yang berjajar di tepi sungai.

Kruger Utara juga merupakan rumah bagi ‘orang-orang besar’. Ini adalah rumah bagi hampir 60 persen dari total populasi kuda nil Kruger dan pada hitungan terakhir, ada lebih dari 9.000 gajah di sabuk utara. Anda juga memasuki surga birder di Far North jadi jika Anda seorang birder yang rajin, Anda tidak akan kecewa karena kehidupan burung subur di Kruger utara.

Daerah di sekitar Olifants Rest Camp terkenal dengan Big Tusker-nya, gajah-gajah luar biasa yang merupakan bagian dari Magnificent 7 karena gadingnya yang panjang dan memecahkan rekor.

Kruger Utara membentang kurang lebih dari Kamp Peristirahatan Olifants hingga Peristirahatan Shingwedzi. Pilihan akomodasi agak terbatas tetapi karena zona ramah lingkungan ini jauh dari jalur, jumlah wisatawan tetap rendah.

Kelebihan tinggal di Kruger utara
jumlah wisatawan yang rendah dan penampakan hewan yang ‘hampir pribadi’
melihat permainan yang bagus di tepi lima sungai besar
burung yang luar biasa
populasi gajah dan kuda nil yang kuat
melihat permainan tanpa halangan di padang mopane kerdil

Kontra tinggal di Kruger utara
lebih jauh dengan berkendara dari Johannesburg dan Nelspruit
lebih sedikit kamp istirahat
panas, suhu lembab di musim panas
medan yang keras dan setengah gersang

9. Taman Kruger Utara Jauh

Far North Kruger terpencil dan jauh untuk dijangkau sehingga merupakan salah satu bagian paling tenang di Taman dan populer di kalangan pecinta alam yang rajin karena hutan belantaranya yang murni dan tak tersentuh. Ini juga “Ibukota Birding Afrika Selatan”, jika bukan seluruh Afrika selatan.

Zona lingkungan yang luar biasa ini berpusat di sekitar Kamp Peristirahatan Punda Maria dan Kamp Pafuri, dan meluas ke pelosok Taman Kruger hingga tetangganya, Zimbabwe dan Mozambik. Konsentrasi hewan lebih rendah daripada di tempat lain di Taman Kruger, tetapi reputasinya untuk birding yang luar biasa menebusnya dengan sekop.

Far North Kruger adalah rumah bagi banyak spesies burung langka dan terancam punah, banyak di antaranya endemik di daerah tersebut. Anda juga akan menemukan spesies luar biasa seperti katak pasir ketukan yang langka, kumpulan kelelawar endemik, monyet samango, babi hutan nokturnal, dan grysbok Sharpe yang langka.

Safari jalan kaki sangat populer di Far North Kruger karena ini adalah cara terbaik untuk menemukan permata tersembunyi ini. Diapit oleh sungai Luvuvhu dan Limpopo yang rimbun, Far North Kruger menawarkan keanekaragaman hutan sungai tropis yang luar biasa. Ini termasuk ara liar besar, pohon demam spektral, ebony, mahoni, kayu ulin, syringa liar dan baobab.

Kelebihan menginap di Far North Kruger
salah satu bagian Kruger yang paling beragam dan indah
terpencil, terisolasi dan hampir tanpa turis safari
birding yang luar biasa
jalan setapak yang indah

Kontra tinggal di Far North Kruger
jauh di luar jalur
pilihan akomodasi terbatas

Tahukah kamu?

Taman Kruger terdiri dari 6 ekosistem yang berbeda. Secara total, ekosistem ini memiliki lebih dari 2.000 spesies tanaman.

Baca juga : Rekomendasi Tempat Spektakuler untuk Dikunjungi di Skotlandia

10. Tempat menginap di Taman Nasional Kruger

Pilihan tempat tinggal di Taman Kruger tidak terbatas dan jika Anda memiliki Dolar dan Pound di saku Anda, dengan nilai tukar Afrika Selatan, harganya sangat terjangkau. Sebagian besar akomodasi di Taman Kruger adalah kamp katering mandiri yang ramah anggaran yang dikelola oleh SANParks.

Untuk pengalaman safari eksklusif yang sebanding dengan apa yang akan Anda dapatkan di Greater Kruger dan tujuan safari terkenal di seluruh Afrika, Anda memiliki pilihan untuk memesan suite mewah di pondok safari bintang 5 di salah satu konsesi pribadi di Taman Kruger.