Sumber Daya Alam Taman Nasional Maasai Mara di Kenya

Sumber Daya Alam Taman Nasional Maasai Mara di Kenya – Vegetasi Cagar Nasional Maasai Mara di Kenya. Kelanjutan alami dari gurun Serengeti adalah Cagar Nasional Maasai Mara di Kenya. Ini adalah Cagar Alam Cagar Nasional terbesar di Afrika dan terbentang lebih dari 1.800 km2.

Sumber Daya Alam Taman Nasional Maasai Mara di Kenya

forester – Cagar Alam Maasai Mara terletak di Kabupaten Narok, yang merupakan wilayah selatan Kenya. Secara keseluruhan Ekosistem Greater Mara termasuk Maasai Mara. Konservasi terkenal lainnya seperti Mara Naboisho, Enonkishu, Mara North, Olare Motorogi dan Ol Kinyei semuanya merupakan bagian dari Cagar Alam Maasai Mara.

Dikutip dari worldofsafari, The Conservancy populer dengan migrasi hewannya yang besar, yang berulang setiap tahun sebagai ritual rutin. Kawanan hewan, sekitar 1,4 juta rusa kutub, sekitar 200.000 zebra dan lebih dari 500,000 rusa bermigrasi ke Konservasi Maasai Mara untuk mencari rumput dengan bernegosiasi melalui sungai kaya buaya yang berbahaya. Pertunjukan migrasi ini berulang setiap tahun selama bulan Juli hingga minggu terakhir bulan Oktober.

Lokasi dan ketinggian Maasai Mara, di atas 1.500 meter, menghasilkan iklim yang lebih lembut dan lembab daripada di daerah lain. Cagar Alam Maasai Mara dilindungi sebagai cagar alam dan bukan sebagai taman nasional, oleh karena itu tidak dikelola oleh Dinas Margasatwa Kenya tetapi oleh otoritas lokal, yaitu Dewan Distrik. Pendapatan dari taman digunakan untuk pengembangan komunitas Maasai setempat. Pengelolaan Cagar Alam Maasai Mara telah dibagi antara dua dewan Trans Mara dan dewan Narok. Dewan Trans Mara memiliki manajemen atas bagian barat Cagar Alam Maasai Mara yang juga disebut Segitiga Mara, dan dewan Narok memiliki manajemen atas sisa cagar alam di sisi timur Sungai Mara.

Ekosistem di Mara-Serengeti lebih dari 25.000 km2 terdiri dari padang rumput terbuka yang masuk ke bagian utara Tanzania dan bagian selatan Kenya. Anda dapat mengalami beragam lanskap yang menawarkan banjir, hutan yang tersebar, padang rumput yang melambai, dan area semak. Di sisi barat, tanah menunjukkan tanda-tanda aktivitas vulkanik prasejarah. Bagian barat berbatasan dengan Tebing Siria di Great Rift Valley, yang membentang lebih dari 150 meter.

Baca juga : Sumber Daya Alam Di Taman Nasional Serengeti

Sayangnya hanya satu pondok yang hadir, Mara Serena Safari Lodge, yang dapat ditemukan di dekat Segitiga Mara dekat dengan Sungai Mara. Itu hadir di bukit berjubah semak yang memberi Anda pemandangan sabana yang indah. Anda juga bisa melihat kuda nil dan buaya yang ada di sungai. Namun, penjaga hutan berpatroli di daerah itu secara teratur yang membantu mengurangi perburuan, dan habitat satwa liar yang sangat baik ada di sana sepanjang tahun. Namun, Anda dapat menemukan beberapa kamp dan pondok di daerah yang dikuasai Narok yang merupakan bagian timur cagar Mara dibandingkan dengan Segitiga Mara.

Area hutan belantara pribadi hadir di utara Segitiga Mara yang berbatasan dengan Mara North Conservancy seluas lebih dari 30.000 hektar. Ini membentuk bagian barat laut dari zona pelindung dan merupakan bagian penting dari ekosistem Maasai Mara. Kamp Mara North Conservancy dibuat sebagai usaha kemitraan masyarakat Maasai setempat. Ini adalah perusahaan nirlaba yang menciptakan komitmen jangka panjang terhadap lingkungan ke kawasan satwa liar yang paling padat penduduknya.

The Mara North Conservancy memiliki Leopard George, yang merupakan area bersalin untuk kucing besar. Anda juga dapat melihat perbukitan Lemek, tempat perlindungan penting bagi anjing liar Afrika. Manajemen datang dengan keputusan yang memungkinkan dalam mengurangi dampak pada lingkungan yang rentan dengan memiliki pariwisata dan kendaraan yang rendah.

The Enonkishu Conservancy terletak di sebelah utara The Mara North Conservancy terdiri dari perbaikan ternak menggunakan program manajemen ternak. Habitat di Enonkishu Conservancy terdiri dari sabana pohon akasia berhutan, perbukitan berbatu dan bergelombang. Sungai Mara memiliki banyak buaya dan kuda nil yang berbatasan dengan TNC. Singa kebanggaan dapat ditemukan di tepi Enonkishu dan Ol Choro Oiroua. The Conservancy sering dikunjungi oleh kelompok gajah. Enonkishu Conservancy memberi tamu mereka pengalaman menonton yang luar biasa dari spesies langka termasuk caracal, aardwolf, aardvark dan serval cat.

Di sebelah timur Mara North Conservancy, Anda dapat menemukan Olare Motorogi Conservancy. The Mara North Conservancy telah menjadi konservasi satwa liar komunitas yang bertindak bersama dengan ekosistem Maasai Mara. Anda dapat menemukan satwa liar yang jarang ditemukan di tempat lain. Baik herbivora dan predator dapat ditemukan termasuk kucing besar yang terkenal bersama dengan banyak gajah dan penampakan badak dan anjing liar.

Di sebelah timur Konservasi Olare Motorogi terdapat Konservasi Mara Naboisho yang merupakan rumah bagi kucing besar dan sejumlah besar jerapah, gajah, dan rusa kutub. The Mara Naboisho Conservancy adalah surga bagi pengamat burung dengan spesies yang jarang ditemukan di tempat lain, seperti Penenun Kerbau Berkepala Putih, Falcon Pigmy, Bush Pipits, dan White-Crowned Shrike. Konservasi memiliki fokus pada dampak terhadap lingkungan, dan oleh karena itu memiliki kepadatan wisatawan dan kendaraan yang rendah yang memberikan pengalaman satwa liar yang eksklusif.

Di sebelah timur Konservasi Mara Naboisho terdapat Konservasi Ol Kinyei yang merupakan perintis dan pemenang penghargaan konservasi dan konservasi pertama di ekosistem Greater Mara. Untuk mempromosikan konservasi satwa liar, konservasi adalah zona eksklusi ternak. Kebanggaan singa dengan lebih dari 30 adalah penduduk di Konservasi Ol Kinyei serta macan tutul dan lebih dari 300 jenis burung.

1. Atraksi

1) Atraksi: Safari Balon Udara Panas Dan Sarapan

Ada beberapa tempat di Mara dari mana Anda dapat mengalami perjalanan Balon Udara Panas. Ini benar-benar momen yang menakjubkan untuk mengapung diam-diam di atas sabana dan mengalami matahari terbit saat satwa liar bangun. Ini adalah salah satu pengalaman di mana Anda bersantai dan menyerap momen saat sabana terbangun, itu akan mengisi Anda dengan kenangan yang cukup untuk bertahan seumur hidup. Penerbangan Hot Air Balloon Safari biasanya memakan waktu satu jam, setelah mendarat dengan aman di sabana, tim berdiri untuk menyambut Anda dengan sarapan sampanye mewah di sabana.

Sarapan Anda di alam liar melengkapi pengalaman Anda sementara Anda dapat bersantai sambil mengalami pertemuan dekat dengan satwa liar saat mereka lewat. Balon Udara Panas adalah pengalaman seumur hidup yang perlu Anda alami segera. Membawa topi akan sangat membantu untuk melindungi Anda dari panasnya kompor gas balon.

2) Atraksi: Safari Jalan Kaki

Anda akan ingin tahu bahwa, tidak ada safari berjalan di dalam Cagar Alam Maasai Mara. Dimungkinkan untuk melakukannya di Conservancy tetangga di Mara Naboisho Conservancy. Saat Anda berjalan di sekitar kawasan cagar alam, Anda akan mengalami perspektif satwa liar yang berbeda. Saat Anda berjalan-jalan, Anda ditemani oleh prajurit Maasai untuk membimbing Anda dan melindungi Anda dari satwa liar yang terlalu dekat.

Safari berjalan di sekitar cagar alam akan memberi Anda kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan ciri khas satwa liar dan ekosistem. Ini akan menjadi pengalaman yang cukup menarik untuk menyaksikan pelacakan satwa liar dan juga menonton gundukan rayap, dll. Safari berjalan membuka pintu untuk bertemu dengan berbagai jenis burung yang belum pernah Anda lihat dalam hidup Anda. Juga, Anda tidak akan pernah tahu kejutan seperti apa yang mungkin muncul di jalan Anda yang membuat safari berjalan menjadi pengalaman yang luar biasa.

3) Atraksi: Safari Malam

Safari Malam sangat berbeda dengan safari siang karena berbagai alasan. Perbedaan utama yang dapat Anda alami adalah bahwa Anda akan memiliki pilihan langka untuk melihat hewan liar yang jarang muncul di siang hari. Terutama hewan seperti Kuda Nil tidak pernah keluar pada siang hari untuk makan karena kulitnya yang sensitif. Kulit mereka rentan jika terkena sinar matahari. Hewan liar seperti singa, serigala, dan hyena biasanya berkeliaran di malam hari, dan ini merupakan suguhan visual tambahan bagi pengunjung satwa liar selama safari malam. Siapa pun yang datang ke Cagar Alam Maasai Mara jelas datang untuk sesuatu yang berbeda. Ini disediakan dalam tur malam hari yang merupakan bagian dari kunjungan di sini.

2. Orang dan Budaya

Orang-orang Maasai yang dinamai taman itu, dapat ditemukan di sekitar cagar alam. Desa bulat khas mereka, di mana anak-anak memelihara kawanan besar sapi, domba, dan kambing menambah pemandangan yang menarik. Kunjungan ke salah satu desa adalah elemen yang sangat populer di safari.

3. Margasatwa

Cagar Nasional Maasai Mara memiliki populasi predator yang luar biasa seperti hyena, singa, macan tutul, dan cheetah yang kaya diwakili di seluruh taman. Bukan tanpa alasan, di mana ada mangsa yang mudah di sana juga banyak makanan pemangsa. Bahkan badak hitam langka secara teratur terlihat di daerah dengan semak belukar, gajah terlihat dalam kawanan besar atau kurang di seluruh cagar alam Mara, di mana mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk makan, gajah dewasa membutuhkan sekitar 250 kg makanan nabati setiap hari. Di Sungai Mara terdapat kolam Hippo yang populer di mana Anda dapat mengalami populasi kuda nil, buaya, dan kehidupan burung yang kaya dan menarik.

Rusa kutub migrasi besar melihat zebra dan kijang termasuk Thomson dan Topi bermigrasi ke cagar alam dari dataran Serengeti. Kawanan ternak tiba pada bulan Juli, dan ternak yang lebih besar mulai datang pada bulan Agustus sampai pertengahan September. Biasanya, kawanan besar pergi dan bermigrasi kembali ke Serengeti, yang masih menyisakan ternak hingga Oktober. Selama ada rumput segar untuk dimakan, hewan akan terus berdatangan. Di bagian utara Serengeti, Anda dapat menemukan lebih dari setengah tinggal di belakang.

Lima besar yang meliputi singa, macan tutul, gajah, kerbau, dan badak biasanya ditemukan di cagar alam dan dikenal menarik banyak orang. Populasi badak hitam telah berkembang sejak menipisnya perburuan. Anda pasti ingin tahu bahwa badak hitam tidak dapat terlihat saat Anda bersafari di Cagar Nasional Maasai Mara.

4. Pemandangan

Ekosistem Masai Mara berisi sekitar 25% dari apa yang tersisa dari satwa liar Kenya. Perkiraan tersebut mengatakan bahwa sekitar 70% satwa liar Kenya hidup di luar taman nasional dan cagar alam. Jadi; kebutuhan akan panutan baru melestarikan satwa liar Mara, di tanah pribadi adalah yang terpenting. Naboisho memainkan peran itu hari ini! Afrika telah kehilangan sekitar 95-98% mamalia paling ikoniknya selama sekitar seratus tahun terakhir, gajah, badak, singa, dan cheetah. WWF memperkirakan dunia akan kehilangan 2/3 tulang belakangnya dalam periode yang sangat singkat 1970-2020, yaitu 50 tahun. Sekitar 70% ekosistem dunia berada di bawah tekanan. Hilangnya habitat adalah alasan utama penipisan ini.

5. Lokasi

Maasai Mara terletak di Great Rift Valley, yang merupakan garis patahan sepanjang sekitar 3.500 mil (5.600 km) yang membentang dari Laut Merah Ethiopia melalui Kenya, Tanzania, Malawi, dan ke Mozambik. Di sini lembahnya luas, dan tebing curam yang menjulang tinggi terlihat di kejauhan yang berkabut. Hewan-hewan bebas bergerak di luar taman ke area luas yang dikenal sebagai ‘area penyebaran’. Ada banyak satwa liar yang berkeliaran di luar taman seperti di dalam. Banyak desa Maasai terletak di ‘daerah penyebaran’ dan selama berabad-abad mereka telah mengembangkan hubungan sinergis dengan satwa liar.

Ada empat jenis medan utama di Mara – Perbukitan Ngama di timur dengan tanah berpasir dan semak berdaun yang disukai oleh badak hitam; Tebing Oloololo membentuk batas barat dan naik ke dataran tinggi yang megah; Segitiga Mara yang berbatasan dengan Sungai Mara dengan padang rumput yang rimbun dan hutan akasia yang mendukung banyak hewan buruan, terutama rusa kutub yang bermigrasi; dan Dataran Tengah, membentuk bagian terbesar dari cagar alam dengan semak-semak dan batu-batu besar yang tersebar di padang rumput bergulir yang disukai oleh permainan dataran.

Baca juga : Wisata Pusat Taman Bunga Skotlandia Yang Wajib Kalian Kunjungi

6. Perjalanan

Cagar Alam Nasional Maasai Mara berjarak 260 km dari Nairobi, dan Anda dapat mencapainya dalam lima atau enam jam perjalanan darat dari Nairobi atau Danau Nakuru. Tergantung pada rencana perjalanan Anda, pastikan Anda memesan transportasi Anda dan mencapai cadangan sebelum gelap. Itu selalu yang terbaik untuk merencanakan bulan ke depan sehingga Anda dapat memanfaatkan layanan.

7. Pondok Dan Kamp

Akomodasi sama sekali tidak menjadi masalah di kawasan Cagar Alam Maasai Mara. Anda akan memiliki akomodasi bintang 5 hingga penginapan berbiaya rendah dan kamp cadangan murah hingga fasilitas berkemah mewah. Wisatawan bebas menemukan akomodasi mereka di mana saja di Cagar Alam Maasai Mara. Karena tidak ada pelacakan khusus untuk pergerakan hewan, Anda dapat melihat pergerakan hewan di mana saja di area cagar yang Anda inginkan. Anda akan ditawari safari malam oleh manajemen penginapan atau operator tur, tetapi ingat bahwa safari malam tidak diizinkan di dalam Cagar Nasional Maasai Mara.

Anda dapat menghabiskan dua hingga enam hari di area cadangan tergantung pada musim. Lebih baik jika Anda tinggal setidaknya selama empat hari atau seminggu untuk menikmati satwa liar di Cagar Nasional Maasai Mara. Mungkin, Anda bisa tinggal di dua lokasi berbeda di cagar alam. Ini membantu Anda melihat lebih banyak variasi hewan di cagar alam.