Berbagai Sumber Daya Alam Dan Khasiatnya Dalam Kehidupan

Berbagai Sumber Daya Alam Dan Khasiatnya Dalam Kehidupan – Jenis sumber daya alam dan manfaatnya perlu dikenali. Selain itu, Indonesia memiliki potensi sumber daya alam yang terlalu banyak, namun masih belum dimanfaatkan dengan baik. Meskipun ada juga sumber daya alam yang digunakan secara berlebihan.

Berbagai Sumber Daya Alam Dan Khasiatnya Dalam Kehidupan

forester – Sumber daya alam tentunya memegang peranan yang sangat penting dalam memenuhi kebutuhan manusia. Pertimbangan yang tepat harus diberikan untuk penggunaan sumber daya alam seperti hewan dan tumbuhan, serta sumber daya alam yang tidak hidup seperti minyak, logam dan gas alam.

Dikutip dari merdeka.com, Jenis sumber daya alam dan manfaatnya perlu dipahami agar dapat dimanfaatkan seefisien mungkin. Sumber daya alam adalah semua zat yang dapat ditemukan manusia di alam dan dapat digunakan untuk kelangsungan hidupnya.

1. Jenis sumber daya alam berdasarkan sumber daya alam

Dapat diperbarui
Jenis sumber daya alam menurut sifat aslinya adalah sumber daya alam yang dapat diperbarui. Sumber daya alam diperbarui merupakan sumber daya alam yang tidak akan pernah habis, seperti hewan, tumbuhan, udara, air, sinar matahari, dan mikroorganisme lainnya.

Tidak dapat di perbarui
Sumber daya alam berikutnya adalah sumber daya alam yang tidak terbarukan. Sumber daya alam ini terbatas jumlahnya. Perihal ini disebabkan cara pembentukannya memerlukan masa yang lama, sehingga akan habis jika digunakan secara terus menerus. Contoh sumber daya alam tak terbarukan adalah mineral atau bahan tambang.

Baca juga : Konservasi Sumber Daya Alam Untuk Negara

2. Jenis sumber daya alam menurut jenisnya

Sumber daya biologis atau alam
Sumber daya hayati atau alam adalah sumber daya alam yang didapat dari makhluk hidup ialah binatang serta tanaman. Sumber daya alam hayati dibedakan jadi 2 tipe, ialah:
Sumber daya alam dari hewan atau hewan, seperti telur, daging, ikan, dll.
Sumber daya alam nabati adalah sumber daya alam yang berasal dari tumbuhan dan merupakan penghasil atau komponen utama dalam rantai makanan.

Sumber daya alam tidak hidup (non-living)
Jenis sumber daya alam mati biasanya berasal dari benda mati seperti tanah, air, udara, sinar matahari, dan hasil tambang.

3. Jenis sumber daya alam berdasarkan lokasi

Sumber daya alam perairan
Jenis sumber daya alam yang pertama berdasarkan lokasinya adalah sumber daya alam perairan. Sumber daya alam perairan adalah sumber daya alam yang terdapat di perairan. Seperti ikan, rumput laut, terumbu karang, udang, kepiting, dll.

Sumber daya alam terestrial
Sedangkan sumber daya alam terestrial adalah sumber daya alam yang hanya terdapat di darat atau di darat. Seperti hasil hutan, bahan tambang, dll.

4. Jenis sumber daya alam berdasarkan sumber daya alam

Sumber daya alam material
Jenis-jenis sumber daya alam yang ada berupa benda mati dapat langsung diperoleh dari alam dan dapat mengalami berbagai proses yang bermanfaat bagi kehidupan manusia, seperti penambangan dan pengolahan.

Sumber daya alam energi
Sumber daya alam tersebut dapat menghasilkan energi dan dapat digunakan untuk menopang kehidupan manusia. Contohnya termasuk minyak bumi, batu bara, gas alam, air, udara, dan sinar matahari.

Sumber daya alam di luar angkasa
Sumber daya alam spasial adalah sumber daya alam berupa ruang, tempat, atau wilayah yang dapat dimanfaatkan manusia untuk kelangsungan hidupnya. Sumber daya alam ruang ini dipengaruhi oleh letak astronomi, topografi, dan topografi. Seperti gunung dan lembah.

Sumber daya alam waktu
Keberadaan sumber daya alam tersebut bergantung pada waktu atau musim. Misalnya, air sulit didapat di musim kemarau, tetapi sangat melimpah di musim hujan.

5. Jenis sumber daya alam berdasarkan ketersediaan dan nilai ekonomi

Sumber daya alam ekonomi seperti emas, perak, minyak, batu bara dan timah.
Sumber daya alam non ekonomi, seperti sinar matahari, udara, dan air.

Baca juga : Agen Tur Wisata Terbaik di Dunia

Manfaat sumber daya alam untuk kehidupan sehari-hari

Dapat diperbarui

1. Menjadi bahan makanan
Sumber daya bermanfaat yang dapat digunakan sebagai makanan antara lain: tepung tapioka, tepung tapioka, tepung ikan, aneka makanan, bihun dan makanan pokok, ayam dan bebek untuk telur dan ayam, daging sapi dan kambing dan susu, kedelai dan daging. Bahan baku susu, kecap, dll.

2. Sebagai pembangkit listrik
Contoh sumber daya terbarukan yang dapat digunakan untuk pembangkit listrik adalah sinar matahari, angin, uap, dan air dengan sistem sel surya, yang juga dapat digunakan sebagai sumber pembangkit listrik.
3. Sebagai bahan untuk pembuatan berbagai peralatan
Kayu adalah sumber daya alam yang terbarukan. Kayu dapat digunakan untuk membuat perkakas masak, perkakas untuk membangun rumah, seperti tangga, pintu, dan jendela. Kayu juga bisa digunakan sebagai bahan pembuatan meja dan kursi.

Tidak Dapat Diperbaharui

1. Sebagai bahan bakar

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah minyak. Hasil dari berbagai pengolahan minyak bumi antara lain: avtur, bensin untuk sepeda motor dan mobil, solar untuk kendaraan berat seperti truk dan traktor, minyak tanah untuk kompor, gas alam untuk kompos dan bahan bakar pilot, serta aspal dalam bentuk padat.

2. Bahan untuk peralatan pabrik

Besi, tembaga, nikel dan logam lainnya adalah contoh sumber daya alam yang tidak terbarukan. Logam ini dapat digunakan untuk membuat perkakas, seperti peralatan dapur, perkakas pertukangan, mesin industri, rangka konstruksi, rangka pesawat terbang dan kapal.

3. Bahan pembuatan perhiasan

Sumber daya alam seperti emas, berlian, perak, dan paladium tidak dapat diperbarui dengan mudah dalam waktu singkat. Harga logam dan kristal ini sangat tinggi, sehingga banyak orang yang mencarinya. Keunggulannya bisa digunakan untuk membuat perhiasan, seperti kalung, cincin, gelang dan anting.

Berbagai hal di alam yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan manusia disebut sumber daya alam. Sumber daya alam dibagi menjadi sumber daya alam hidup dan mati. Menurut sifatnya, mereka terbagi menjadi sumber daya alam yang abadi, terbarukan dan tidak terbarukan. Dalam buku “Mengajar Sumber Daya Alam dan Pengelolaan Lingkungan” (2018) karya Sarintan Efrantani, manusia dapat memanfaatkan semua sumber daya alam yang ada di dunia. Bagaimanapun, penggunaan sumber daya alam harus tidak berbahaya bagi lingkungan. Apalagi untuk sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui.

Manfaat sumber daya alam yang terbarukan Beberapa manfaat dari sumber daya alam yang terbarukan, yaitu: sumber pangan dan obat-obatan Masyarakat mengetahui bahwa banyak sumber daya alam yang dapat digunakan untuk kelengkapan kehidupan umat manusia. Sumber daya hayati dan tumbuhan berasal dari berbagai jenis hewan dan tumbuhan. Dapat digunakan sebagai sumber makanan dan obat-obatan. Contohnya sebagai berikut: gula tebu, ayam, bebek, telur, sapi dan kambing, serta daging ternak lainnya, roti gandum, kecap dan kacang-kacangan, buah mentimun Cu dapat menurunkan kolesterol, kecantikan, buah mengkudu dapat menurunkan tekanan darah tinggi

Sumber daya alam sebagai bahan sandang juga dapat dimanfaatkan sebagai sandang. Namun, untuk melindungi sumber daya alam, khususnya hewan, pemanfaatannya harus dikontrol. Ini contohnya: kain wol yang terbuat dari wol. Sepatu dari kulit sapi atau buaya; dari benang katun; benang sutera dari kokon ulat sutera

Umumnya sebagai bahan bangunan, setiap orang membutuhkan tempat untuk melindungi, dan tentunya menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitarnya, misalnya: tanah liat digunakan untuk membuat ubin, kayu jati digunakan untuk membuat furnitur, pintu dan jendela, dan tanah digunakan. membuat batu bata.

Tidak dapat memperbarui sumber daya alam Situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melaporkan bahwa beberapa sumber daya alam yang dimanfaatkan oleh manusia tidak dapat diperbarui. Oleh karena itu, pemanfaatan sumber daya alam harus dilakukan dengan hati-hati. Dengan demikian, generasi penerus tidak akan kehilangan hak untuk ikut serta dalam pemanfaatan sumber daya alam tersebut.

Manfaat sumber daya alam tak terbarukan yang dapat dimanfaatkan manusia antara lain: hasil tambang logam, seperti emas untuk perhiasan, alumunium untuk peralatan dapur, biji brady untuk perkakas besi, dan masih banyak lagi produk lainnya. Produk pertambangan non logam, seperti gypsum yang digunakan untuk pelapis dinding, sulfur digunakan untuk obat-obatan, asbes yang digunakan untuk lempengan ubin, batu bara dan minyak bumi yang digunakan sebagai bahan bakar, dll.