Sumber Daya Alam dan Lingkungan Taman Nasional Bwindi

Sumber Daya Alam dan Lingkungan Taman Nasional Bwindi  – Taman Nasional Hutan Tak Tertembus Bwindi adalah salah satu kawasan konservasi paling spektakuler di Uganda.

Sumber Daya Alam dan Lingkungan Taman Nasional Bwindi

forester – Terletak di Uganda Barat Daya di sepanjang Lembah Rift. Lembah-lembahnya yang berkabut menampilkan hutan hujan tropis kuno dan paling beragam di Uganda. Bwindi meliputi area seluas sekitar 331 kilometer persegi dan terutama terdiri dari pegunungan dan hutan dataran rendah, menawarkan perlindungan bagi lebih dari 400 spesies tanaman, 120 spesies mamalia termasuk kera seperti simpanse, babon, gorila gunung yang langka, monyet colobus, L’Hoests, ekor merah monyet, monyet colobus hitam dan putih, monyet Vervet serta keluarga gajah dan kijang; 350 kehidupan burung termasuk 23 spesies Endemik Albertine Rift, 1000 tanaman berbunga, 104 spesies pakis dan 200 spesies pohon.

Dikutipp dari volcanoessafaris, Taman Nasional Bwindi adalah Situs Warisan UNESCO yang terletak di antara ketinggian 1160 dan 2607 meter di atas permukaan laut. Untuk semua safari gorila ke Taman Nasional Hutan Tak Tertembus Bwindi, di bawah ini adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui;

1. Mendaki Gorila Gunung di Taman Nasional Hutan Tak Tertembus Bwindi

Untuk safari gorila gunung, Bwindi Impenetrable Forest National Park menawarkan perlindungan bagi sekitar 400 individu yang mewakili sekitar setengah dari total populasi yang diyakini masih berkembang di dunia. Untuk pengalaman seumur hidup, hanya 11 keluarga gorila terhabituasi yang tersedia bagi wisatawan untuk dilacak setiap hari di salah satu dari empat sektor; Buhoma, Ruhija, Nkuringo dan daerah Rushaga. Setiap grup menawarkan pengalaman yang berbeda dan jika Anda memiliki waktu yang cukup, Anda dapat mengunjungi lebih dari satu keluarga saat bersafari. Hanya 8 wisatawan yang diizinkan untuk melacak satu kelompok gorila per hari.

Baca juga : Sumber Daya Alam Taman Nasional Maasai Mara di Kenya

Untuk pertemuan magis, pengunjung hanya diperbolehkan menghabiskan satu jam dengan kera yang terancam punah ini di alam liar. Petualangan trekking gorila tidak dapat diprediksi. Petualangan ini tergantung pada kelompok yang dialokasikan untuk Anda dan tingkat kebugaran fisik Anda. Bagi pengunjung yang berniat mengunjungi sektor Buhoma, grup yang bisa Anda lacak adalah grup Mubare, Habinyanja dan Rushegura; Daerah Ruhija terdiri dari kelompok Oruzogo, Bitukura dan Kyaguriro; di daerah Rushaga yang merupakan salah satu sektor terbaik untuk trekking gorila hadir dengan keluarga Nshongi, Mishaya, Bweza, Kahungye dan Busingye; di daerah Nkuringo Anda dapat melacak keluarga Nkuringo. Selain itu, Anda juga dapat terlibat dalam Gorilla Habituation Experience yang hanya dilakukan di Bwindi yang menjadikannya salah satu taman nasional yang luar biasa bagi Anda untuk melihat sekilas spesies langka ini saat berada di habitat aslinya. Izin di Uganda dibeli dengan harga $600 dan jika Anda tertarik dengan pengalaman habituasi, izin dijual dengan harga $1500.

2. Cara Menuju Taman Nasional Hutan Tak Tertembus Bwindi

Anda dapat mencapai Taman Nasional Bwindi melalui jalan darat atau udara. Melalui jalan darat, mobil safari 4 kali 4 lebih disukai untuk membantu Anda melintasi perbukitan. Anda akan menghabiskan waktu sekitar 8 hingga 10 jam saat berkendara dari Kampala menuju Bwindi Impenetrable Forest National Park. Anda dapat berangkat dari Kampala ke Taman Nasional Queen Elizabeth menuju Utara selama sekitar 2 hingga 3 jam dari Kabale ke Selatan selama satu hingga dua jam atau dari Kampala melalui Mbarara.

Anda akan singgah di Taman Nasional Ratu Elizabeth untuk melihat sekilas singa pemanjat pohon langka di sektor Ishasha atau di Khatulistiwa untuk pengambilan foto yang tak terlupakan. Rute lain termasuk Kampala-Kabale Kanungu-Buhoma; Sektor Kampala-Ntungamo-Rukungiri-Kihihi-Buhoma dan ini adalah salah satu rute paling sederhana dan nyaman bagi Anda untuk terhubung dari Kampala langsung di jalan aspal ke Rukungiri dan kemudian terhubung di jalan murram ke daerah Buhoma.

Anda juga bisa mengambil jalur Kampala-Kabale-Ruhija-Buhoma atau sektor Kampala-Kabale-Nkuringo. Ada juga sarana transportasi umum untuk Anda gunakan terutama bus yang berangkat setiap hari dari Kampala ke Butogota. Tapi ini akan mengharuskan Anda untuk menyewa kendaraan atau boda boda untuk membantu Anda terhubung ke taman. Melalui udara, Anda dapat terbang dari, Bandara Internasional Entebbe atau lapangan terbang Kajjansi dan kemudian mendarat dari landasan udara Kisoro atau Kihihi. Bagi pengunjung yang lebih memilih mengunjungi sektor Buhoma, mereka dapat naik pesawat charter dan mendarat di landasan terbang Kayonza.

3. Istirahat di Danau Bunyonyi dan Danau Mutanda

Setelah perjalanan Anda, kemungkinan Anda akan menjadi lelah dan Anda akan membutuhkan lingkungan yang lebih baik untuk bersantai dan bersantai. Jika Anda berada di daerah Buhoma atau Nkuringo, Danau Bunyonyi adalah salah satu tempat terbaik untuk Anda kunjungi untuk mengejar ketinggalan dengan kapal pesiar dan beberapa kegiatan olahraga air lainnya untuk membuat Anda bersantai setelah petualangan yang menakjubkan itu. Danau Bunyonyi tidak diragukan lagi salah satu keajaiban alam di dunia. Ini terdiri dari sekitar 29 pulau. Jika Anda berada di Ruhija atau Taman Nasional Gorila Mgahinga, Anda bisa mengunjungi Danau Mutanda di Kisoro. Kegiatan yang menarik untuk Anda lakukan meliputi naik perahu, bersepeda, hiking, dan jalan-jalan komunitas.

4. Perjalanan Komunitas dan Hutan

Jika Anda tertarik dengan jalan-jalan komunitas atau treks hutan, Taman Nasional Bwindi menawarkan banyak hal untuk Anda jelajahi selain safari gorila gunung. Kamu bisa memilih untuk melakukan perjalanan secara pribadi tetapi untuk alasan keamanan, Anda mungkin memerlukan panduan dan pondok Anda untuk panduan terutama dalam hal rute. Saat Anda masuk jauh ke dalam hutan, Anda mungkin memerlukan hiking misalnya jika Anda mengunjungi air terjun Muyanga yang berangkat dari Buhoma, jalan bukit Rushura yang melewati satu hutan yang dibagi oleh 2 negara, perjalanan Buhoma-Nkuringo, jalan Sungai Ivi, jejak Habinyanja dan lingkaran Muzubijiro yang berada di sebelah jalan setapak yang digunakan oleh taman margasatwa. Trek tersebut mungkin memerlukan pemandu taman bersenjata untuk memastikan bahwa Anda aman. Untuk trek komunitas, mereka dapat dilakukan tanpa pemandu bersenjata asalkan Anda mengikuti jalur dengan benar. Anda juga dapat terlibat dalam perjalanan bersepeda dengan penduduk setempat yang memberi penghargaan kepada pengunjung dengan pengalaman yang luar biasa.

5. Diskon Izin Gorila

Trekking gorila dilakukan pada musim kemarau dan musim hujan. Karena permintaan yang kompetitif untuk izin selama musim kemarau, pengunjung yang mungkin tidak mencapai impian mereka Otoritas Margasatwa Uganda menawarkan diskon izin trekking gorila untuk musim sepi terutama di bulan April, Mei dan November. Bagi mereka yang mungkin lebih suka mengunjungi Uganda selama musim sepi, mereka dapat memesan izin diskon November. Izin dapat dipesan secara online tetapi disarankan agar Anda memesan melalui perusahaan tur untuk mempermudah prosesnya.

6. Penginapan di Taman Nasional Hutan Tak Tertembus Bwindi

Bwindi Impenetrable Forest National Park memiliki berbagai macam akomodasi dan penginapan, bandas dan perkemahan murah, restoran, kios kerajinan dan layanan pemandu bagi pengunjung yang datang untuk trekking gorila dan safari lainnya. Ada beberapa pilihan mulai dari budget, mid range hingga fasilitas mewah. Beberapa pondok terletak dekat di sekitar taman dan saat merencanakan perjalanan gorila Anda, pastikan Anda memilih akomodasi berdasarkan sektor pelacakan pilihan Anda. Beberapa penginapan terkenal yang bisa Anda pilih termasuk Buhoma Community Rest Camp, Sanctuary Gorilla Forest Camp, Buhoma Lodge, Silverback Lodge, Volcanoes Safaris Bwindi Lodge, Gorilla Resort, Bwindi Guest House, Eco Marvels Gorilla Resort, Nkuringo Gorilla Camp, Clouds Mountain Gorilla Lodge, Ruhija Gorilla Safari Lodge, Wagtail Eco Safari Camp, Gorilla Safari Lodge, Lake Kitandara dan Bwindi Camp dan masih banyak lagi.

Baca juga : Wisata Pusat Taman Bunga Skotlandia Yang Wajib Kalian Kunjungi

7. Orang-orang dan Budaya

Untuk pengalaman budaya yang otentik, Anda dapat mengunjungi komunitas di sekitar taman dan menjelajahi praktik budaya dan tradisional kerdil Bakiga dan Batwa melalui pertunjukan, lokakarya, dan jalan-jalan di desa. Tur budaya di sekitar komunitas memberi Anda imbalan dengan praktik budaya yang luar biasa seperti teknik berburu dan mengumpulkan orang Batwa—penghuni hutan terkenal yang tinggal selama lebih dari 500.000 tahun.

Sebagai kesimpulan, Taman Nasional Hutan Tak Tertembus Bwindi adalah salah satu tujuan paling luar biasa di Uganda bagi Anda untuk mengalami lebih dari sekadar gorila gunung. Dengan tips di atas, kami yakin Anda tidak akan kehabisan pilihan karena Anda memiliki berbagai kegiatan menarik yang ditawarkan untuk Anda pilih untuk menjadikan safari Anda di Uganda sangat berkesan. Anda juga dapat mengunjungi Taman Nasional Mgahinga untuk pengalaman trekking gorila.