Sumber Daya Alam Taman Nasional Blue Mountains

Sumber Daya Alam Taman Nasional Blue Mountains – The Blue Mountains merupakan pegunungan wilayah dan pegunungan yang terdapat di New South Wales , Australia . Area ini berbatasan dengan area kota besar Sydney, kaki bukitnya mulai sekitar 50 km (31 mil) barat dari pusat ibukota negara bagian , dekat dengan Penrith di pinggiran wilayah Greater Sydney.

Sumber Daya Alam Taman Nasional Blue Mountains

forester – Pemahaman publik tentang luasnya Blue Mountains bervariasi, karena hanya merupakan bagian dari daerah pegunungan yang luas yang terkait dengan Great Dividing Range . Seperti yang didefinisikan pada tahun 1970, wilayah Blue Mountains dibatasi olehSungai Nepean dan Hawkesbury di timur, Sungai Coxs dan Danau Burragorang di barat dan selatan, serta sungai Wolgan dan Colo di utara. Secara geologis, terletak di bagian tengah Sydney Basin .

Dikutip dari wikipedia, The Rentang Blue Mountains terdiri dari berbagai pegunungan , lereng-lereng dataran tinggi memperpanjang dari Great Dividing Range sekitar 4,8 kilometer (3,0 mil) barat laut dari Wolgan Gap dalam arah umumnya arah tenggara sekitar 96 kilometer (60 mil), berakhir pada Emu Plains . Sekitar dua pertiga dari panjangnya dilalui oleh Great Western Highway dan jalur kereta api Main Western . Beberapa kota mapan terletak di ketinggiannya, termasuk Katoomba , Blackheath , Mount Victoria , dan Springwood. Rentang ini membentuk daerah aliran sungai antara Sungai Coxs di selatan dan sungai Grose dan Wolgan di utara. Rentang berisi Rentang Penjelajah dan Rentang Lonceng.

Baca juga : Sumber Daya Alam Taman Nasional Kruger Afrika

Wilayah Blue Mountains termasuk wilayah pemerintah lokal Kota Blue Mountains .

Sejak awal 2010-an, keanekaragaman hayati dan infrastruktur kawasan telah sangat terpengaruh oleh kebakaran hutan besar-besaran dengan ukuran dan dampak yang belum pernah terjadi sebelumnya.

1. Etimologi

Setelah pemukiman Eropa di daerah Sydney, daerah itu dinamai Perbukitan Carmarthen dan Lansdowne oleh Arthur Phillip pada tahun 1788. Perbukitan Carmarthen berada di utara wilayah tersebut dan Perbukitan Lansdowne berada di selatan. Nama Blue Mountains , bagaimanapun, lebih disukai dan berasal dari semburat biru yang diambil jika dilihat dari kejauhan. Semburat itu diyakini disebabkan oleh hamburan Mie yang terjadi ketika cahaya yang masuk dengan panjang gelombang yang lebih pendek dihamburkan oleh partikel di atmosfer yang memberikan warna biru keabu-abuan ke objek yang jauh, termasuk gunung dan awan. Volatile terpenoiddipancarkan dalam jumlah besar oleh pohon eukaliptus yang melimpah di Blue Mountains dapat menyebabkan hamburan Mie dan dengan demikian kabut biru yang menjadi nama gunung tersebut.

2. Sejarah Geologi

Dataran tinggi batu pasir yang didominasi oleh lanskap hutan eukaliptus yang tak berujung , Blue Mountains terletak di puncak kuarsit berusia 470 juta tahun . Pada periode Permian , laut dangkal menutupi wilayah tersebut, ketika sungai membawa serpih , batulanau dan batulumpur . Kemudian selama periode Mesozoikum , sungai membuang pasir dalam jumlah besar , mengubur batuan sedimen lainnya . Sekitar 1 juta tahun yang lalu selama era Pliosen , Blue Mountains mulai terbentuk, mengukir lembah yang dalam dan tebing curam., dengan ketinggian 3.900 kaki. Ciri khas alam utamanya adalah Three Sisters , sebuah formasi tiga puncak batu pasir yang tergerus oleh erosi , yang bebatuannya diterangi oleh cahaya di siang hari.

3. Penduduk Aborigin

Blue Mountains telah dihuni selama ribuan tahun oleh orang- orang Gundungurra , yang sekarang diwakili oleh Perusahaan Aborigin Dewan Suku Gundungurra yang berbasis di Katoomba, dan, di Blue Mountains bagian bawah, oleh orang -orang Darug , yang sekarang diwakili oleh Perusahaan Aborigin Suku Darug.

Kisah penciptaan Gundungurra dari Blue Mountains menceritakan bahwa makhluk Bermimpi Mirigan dan Garangatch, setengah ikan dan setengah reptil, bertempur dalam pertempuran epik yang merusak lanskap ke Lembah Jamison.

Dewan Suku Gundungurra merupakan badan nirlaba yang menggantikan pemilik konvensional Gundungurra, mengiklankan peninggalan serta budaya dan memberikan dukungan bagi orang-orang Gundungurra yang terhubung kembali ke Negara.

Industri Aborigin Badan Kaum Gundungurra mempunyai Klaim Hak Masyarakat Asli yang tertera semenjak tahun 1995 atas tanah konvensional mereka, yang mencakup Blue Mountains serta wilayah sekelilingnya.

Contoh tempat tinggal suku Aborigin dapat ditemukan di banyak tempat. Di Red Hands Cave, tempat proteksi batu di dekat Glenbrook , dindingnya bermuatan stensil tangan dari orang berusia serta anak-anak. : 170 Di sisi selatan Queen Elizabeth Drive, di Wentworth Falls , sebuah bukit berbatu memiliki sejumlah besar alur penggilingan yang dibuat dengan menggosokkan peralatan batu di atas batu untuk membentuk dan menajamkannya. Ada juga ukiran gambar jejak binatang dan gua pendudukan. Situs ini dikenal sebagai Tempat Aborigin Kings Tableland dan sudah ada sejak 22.000 tahun yang lalu.

4. Sejarah Kolonial Australia

Arthur Phillip , gubernur pertama New South Wales, pertama kali melihat sekilas luas Blue Mountains dari punggung bukit di lokasi Oakhill College, Castle Hill saat ini. Dia menamakannya Perbukitan Carmarthen, “jauh sekitar empat puluh sampai enam puluh mil…” dan dia menganggap bahwa tanah itu “paling cocok untuk persediaan pemerintah”. Di sinilah Gidley King pada tahun 1799 mendirikan kota penjara bagi para tahanan politik dari Irlandia dan Skotlandia.

Penggunaan nama Blue Mountains pertama yang terdokumentasi muncul dalam catatan Kapten John Hunter tentang ekspedisi Phillip tahun 1789 ke atas Sungai Hawkesbury. Menggambarkan peristiwa sekitar 5 Juli, Hunter menulis: “Kami sering, di beberapa jangkauan yang kami lewati hari ini, melihat bukit yang sangat dekat dengan kami, yang kami kira terlihat dari Port Jackson, dan disebut oleh gubernur Blue Pegunungan.” Selama abad kesembilan belas nama itu umumnya diterapkan pada bagian dari Rentang Pembagi Besar dari sekitar Goulburn di selatan ke Hunter Valley di utara, tetapi pada waktunya ia dikaitkan dengan area yang lebih terbatas.

Penduduk asli Aborigin mengetahui dua rute melintasi pegunungan: Bilpin Ridge, yang sekarang menjadi lokasi Bells Line of Road antara Richmond dan Bell , dan Sungai Coxs , anak sungai Nepean River . Itu bisa diikuti ke hulu ke dataran terbuka Lembah Kanimbla, jenis negara yang disukai petani.

Pemukim Inggris awalnya menganggap bahwa tanah subur terletak di luar pegunungan; sementara dalam kepercayaan banyak terpidana Cina berbaring di luar. Namun, ada sedikit ketakutan bahwa pegunungan mungkin menyediakan sarana untuk melarikan diri karena dianggap tidak dapat dilewati. Ide ini, sampai batas tertentu, nyaman bagi otoritas lokal. Sebuah penghalang yang “tidak dapat diatasi” akan menghalangi narapidana untuk mencoba melarikan diri ke arah itu.

Seorang mantan narapidana, John Wilson, mungkin adalah penjajah pertama yang melintasi Blue Mountains. Juga diyakini bahwa Mathew Everingham, 1795, mungkin juga sebagian berhasil berdasarkan surat-surat yang ditulisnya pada saat yang terungkap pada akhir 1980-an. Wilson tiba dengan Armada Pertama pada tahun 1788 dan dibebaskan pada tahun 1792. Dia menetap di semak-semak, tinggal bersama orang Aborigin dan bahkan berfungsi sebagai perantara antara mereka dan para pemukim. Pada tahun 1797 ia kembali ke Sydney, mengaku telah menjelajahi hingga seratus mil ke segala arah di sekitar Sydney, termasuk melintasi pegunungan. Deskripsi dan pengamatannya pada umumnya akurat, dan mungkin saja dia telah melintasi pegunungan melalui aspek selatan di koridor Sungai Coxs, dipandu oleh orang Aborigin. :76–77

Gubernur Hunter terkesan dengan keterampilan Wilson dan mengirimnya dalam sebuah ekspedisi bersama John Price dan yang lainnya pada Januari 1798. Rombongan itu menyeberangi Sungai Nepean dan bergerak ke barat daya menuju lokasi Mittagong yang sekarang . Di sana mereka berbelok ke barat dan menemukan rute di sepanjang punggung bukit di mana sekarang Jalan Gua Wombeyan berada. Dalam prosesnya, mereka menemukan cara untuk pergi ke barat pegunungan, dengan mengelilinginya alih-alih melintasinya. Pada bulan Maret tahun yang sama, Wilson dan Price berkelana ke daerah Camden, dan kemudian melanjutkan lebih jauh ke selatan sampai mereka menemukan Danau Thirlmere, akhirnya hampir mencapai situs Goulburn sekarang .

Ada kemungkinan bahwa pencapaian ekspedisi ini ditekan oleh Hunter, yang mungkin tidak ingin para narapidana mengetahui bahwa ada jalan keluar yang relatif mudah dari Sydney. : 83 Wilson dibunuh oleh orang Aborigin setelah menculik seorang wanita Aborigin “untuk penggunaan pribadinya”, tetapi ia telah mencapai banyak hal sebagai seorang penjelajah. Dia tidak pernah diakui sebagai orang pertama yang melintasi pegunungan, mungkin karena perjalanannya di Sungai Coxs tidak dapat diverifikasi, sementara rutenya ke barat Mittagong mungkin merupakan “jalan jauh” untuk sebuah koloni yang matanya tertuju pada batu pasir. benteng di sebelah barat Nepean.

5. Iklim

Iklim bervariasi dengan ketinggian. Di Katoomba, (1.010 m atau 3.314 kaki) suhu maksimum rata-rata musim panas adalah sekitar 22 °C dengan beberapa hari diperpanjang hingga 30-an (80-an-90-an °F) meskipun cukup umum untuk melihat suhu maksimum tetap pada remaja ketika timur palung pantai tetap ada. Suhu malam hari biasanya pada remaja tetapi kadang-kadang bisa turun ke angka tunggal.

Selama musim dingin, suhu biasanya sekitar 10 hingga 11 °C di siang hari dengan 1 °C atau lebih pada malam yang cerah dan 3 hingga 4 °C pada malam berawan. Kadang-kadang suhu akan turun hingga 3 °C atau sedikit lebih rendah, tetapi biasanya udara terdingin mengalir ke lembah selama malam yang tenang dan cerah. Namun, berlalunya front dingin dapat secara signifikan menurunkan suhu rata-rata pada malam dan siang hari. Blue Mountains tidak dikenal dengan pagi yang sangat dingin dibandingkan dengan daerah lain di Central Tablelands, seperti Oberon, Bathurst, dan Orange. Ada dua hingga tiga hujan salju per tahun. Curah hujan tahunan sekitar 1.050 milimeter (41 in) di Upper Blue Mountains dengan banyak hari berkabut.

6. Geografi

Vegetasi alami yang dominan di pegunungan yang lebih tinggi adalah hutan kayu putih. Vegetasi seperti semak terdapat di tepi dataran tinggi di atas tebing. Ngarai terlindung sering berisi hutan hujan beriklim sedang . Ada juga banyak rawa gantung dengan alang-alang rumput kancing dan tanah hitam pekat yang tebal. Wollemia nobilis , “pinus Wollemi”, peninggalan vegetasi awal Gondwana , ditemukan di lembah terpencil dan terisolasi di Taman Nasional Wollemi .
puncak gunung

Blue Mountains Range berisi pegunungan yang lebih kecil: Bell Range dekat The Bells Line of Road dan utara Grose River; Range Explorer, selatan Sungai Grose membentang ke barat menuju Gunung Victoria; Caley Range, Erskine Range, Mount Hay Range, Paterson Range, dan Woodford Range. Puncak rekaman utama adalah:

puncak yang tidak disebutkan namanya (1.189 m atau 3.901 kaki)
Gunung Piddington (1.094 m atau 3.589 kaki)
Gunung Boyce (1.093 m atau 3.586 kaki) [29]
Gunung York (1.061 m atau 3.481 kaki)
Mount Banks (1.049 m atau 3.442 kaki) [30]
Gunung Wilson (1.008 m atau 3.307 kaki) [31]
Kings Tableland (1.000 m atau 3.281 kaki)
Dataran Tinggi Leher Sempit (1.000 m atau 3.281 kaki)
Gunung Soliter (950 m atau 3.117 kaki)
Gunung Hay (944 m atau 3.097 kaki) [32]
Gunung Irvine (850 m atau 2.789 kaki)

7. Daftar Warisan Dunia

Greater Blue Mountains Area dengan suara bulat terdaftar sebagai Area Warisan Dunia oleh UNESCO pada 29 November 2000, menjadi area keempat di New South Wales yang terdaftar. [34] Luas totalnya kira-kira 10.000 kilometer persegi (3.900 sq mi), termasuk Blue Mountains, Kanangra-Boyd, Wollemi, Gardens of Stone, Yengo, Nattai dan Taman Nasional Danau Thirlmere, ditambah Cagar Konservasi Karst Gua Jenolan.

Situs ini dipilih untuk dimasukkan dalam daftar Warisan Dunia karena:

“Kriteria (ii) dan (iv): Vegetasi eukaliptus Australia layak diakui sebagai nilai universal yang luar biasa, karena kemampuan beradaptasi dan evolusinya dalam isolasi pasca-Gondwana. Situs ini berisi representasi habitat eukaliptus yang luas dan seimbang dari basah dan kering sclerophyll, mallee heathlands, serta rawa-rawa lokal, lahan basah, dan padang rumput.90 pajak kayu putih (13% dari total global) dan representasi dari keempat kelompok eukaliptus terjadi.Ada juga tingkat endemisme yang tinggi dengan 114 taksa endemik ditemukan di daerah tersebut serta 120 taksa tanaman langka dan terancam secara nasional. Situs ini menampung beberapa spesies peninggalan evolusi ( Wollemia , Microstrobos , Acrophyllum ) yang telah bertahan di situs mikro yang sangat terbatas.

8. Fauna

Greater Blue Mountains Area dihuni oleh lebih dari 400 bentuk hewan yang berbeda. Di antara mereka adalah spesies mamalia langka seperti quoll berekor tutul , koala , glider perut kuning , dan potoroo berhidung panjang . Ada juga beberapa reptil langka, seperti kadal air Blue Mountain . Ada juga beberapa dingo di daerah tersebut, yang merupakan predator puncak dan berburu kanguru abu – abu.

9. Tempat wisata

The Three Sisters dekat Katoomba, New South Wales adalah salah satu landmark Australia yang paling-difoto.
The Edge Cinema menawarkan kepada pengunjung pemandangan panorama Blue Mountains.
Jalur jalan kaki Giant Stairway menuruni tebing ke Lembah Jamison, dekat Three Sisters , menyediakan akses ke jalan-jalan alam melalui lembah. : 212–220
Gua Jenolan , serangkaian gua batu kapur di barat daya Katoomba.
The Katoomba Scenic Railway adalah kereta api miring sekarang digunakan untuk pariwisata, dan awalnya bagian dari trem pertambangan Katoomba dibangun antara 1878 dan 1900. Kereta api miring turun 415 m (453,85 yd) melalui tebing batu pasir, melalui sebuah terowongan batu dengan gradien maksimum 52 derajat. Juga, di lokasi ini adalah Scenic Skyway, kereta gantung udara berlantai kaca yang melintasi lengan Lembah Jamison, dan Scenic Cableway, kereta gantung udara paling curam di Australia.
The Norman Lindsay Gallery dan Museum di Faulconbridge , yang dioperasikan oleh The National Trust of Australia dan terletak di dalam bekas Norman Lindsay wisma, Springwood .
The Toy dan Museum Kereta Api di Leura .
Knapsack Viaduct , juga merupakan lokasi di mana burung penambang lonceng sering terdengar.
Jembatan Lennox, Glenbrook , di Mitchell’s Pass yang dapat didaki (menurun) dari Blaxland ke Dataran Emu (8 km).
Museum Warisan Depot Lokomotif Valley Heights .
The Zig Zag Railway : Sebuah kereta api bertenaga uap dekat Lithgow .
Cara populer untuk mengunjungi Blue Mountains adalah dengan kereta.
Kebun apel terakhir yang tersisa di Dataran Tinggi Shipley.
The Explorers pohon , di sebelah Great Western Jalan Raya , sebelah barat dari Katoomba .
The Perdana Menteri Koridor Oaks , di Faulconbridge , dekat Great Western Highway.
Gua Tangan Merah di Taman Nasional Blue Mountains dekat Glenbrook adalah salah satu contoh seni Aborigin terbaik di daerah tersebut.
Lincoln’s Rock di Wentworth Falls, New South Wales menawarkan pemandangan Lembah Jamison yang spektakuler . Sebelumnya dikenal sebagai Flat Rock, dinamai menurut nama pendaki gunung Australia Lincoln Hall (pendaki) pada tahun 2013.

10. Aktivitas rekreasi

Blue Mountains adalah tujuan populer bagi pemanjat tebing , pengendara sepeda gunung dan pejalan kaki serta ngarai dan olahraga petualangan lainnya. Olahraga ini dilayani dengan baik oleh perusahaan pemandu dan toko peralatan yang berlokasi terutama di Katoomba. Tujuan pendakian populer termasuk tebing Centennial Glen di dekat Blackheath dan Gunung Piddington di dekat kota Gunung Victoria . Pendakian saat ini dilarang di The Three Sisters.

Baca juga : 5 Wisata Alam di Arizona yang Wajib Dikunjungi

Bersepeda gunung berlangsung terutama di banyak jalur api yang bercabang jauh dari tulang belakang utama Great Western Highway, seperti Narrow Neck, Anderson’s Fire Trail, dan lainnya. Demikian juga banyak jalur api yang populer di kalangan pejalan kaki, meskipun banyak jalur pejalan kaki khusus berada jauh dari jalan api. Canyoning di Blue Mountains adalah olahraga populer dan melayani berbagai tingkat keahlian. Ini membawa bahaya yang melekat, namun bagi mereka yang memiliki keterampilan yang sesuai atau mereka yang ingin melakukan perjalanan berpemandu, ada banyak peluang bagus untuk mengalami pemandangan Blue Mountains yang berbeda.

Ada banyak pilihan abseiling yang tersedia di Blue Mountains termasuk rute tunggal dan multipitch. Ada beberapa batasan meskipun dengan area tertentu ditutup untuk abseiling. Kriket adalah olahraga populer di Blue Mountains, dengan Blue Mountains Cattle Dogs mewakili distrik di kompetisi Liga Premier Zona Barat, Country Plate, dan Presidents Cup.