Sumber Daya Alam Taman Nasional Wilsons Promontory

Sumber Daya Alam Taman Nasional Wilsons Promontory – Cagar Biosfer Promontory Wilson terletak di sepanjang pantai Selat Bass di Australia Tenggara. Teluk terlindung disertai dengan tebing granit curam dan tanjung, serta rawa dan lumpur intertidal, mencirikan topografi cadangan.

Sumber Daya Alam Taman Nasional Wilsons Promontory

forester – Tanjung granit menghubungkan ke tanah genting tipis yang melintasi Selat Bass dari timur laut Tasmania ke daratan. Lanskap kasar dan fitur geologi lainnya dari tanjung diciptakan oleh erosi.

Dikutip dari visitvictoria, Kagumi kawasan hutan belantara pesisir terbesar di Victoria di Taman Nasional Wilsons Promontory. Dikenal sebagai ‘The Prom’, ini adalah salah satu taman yang paling dicintai di negara bagian ini – dan dengan alasan yang bagus. Cagar alam seluas 50.000 hektar ini dipenuhi dengan labirin jalur pejalan kaki yang menampilkan segala macam alam magis yang melindungi satwa liar yang melimpah.

Baca juga : Sumber Daya Alam Taman Nasional Warrumbungle

Berkemah

Tetap di bawah kanvas atau di kabin kontemporer. Either way, Anda akan dikelilingi oleh pesta visual sungai yang tenang, teluk kecil yang intim, puncak gunung granit dan lembah hutan yang rimbun. Temukan pantai terpencil, selokan pakis yang sejuk, dan formasi batuan yang spektakuler.

Berlayar

Lakukan perjalanan dengan kapal amfibi pertama di dunia, melintasi pasir dan laut. Berlayar bersama lumba-lumba, di perairan taman laut nasional pertama di Victoria. Lihat dari dekat koloni anjing laut, amati kehidupan burung yang unik, dan kagumi monolit granit yang ikonis di Skull Rock.

Satwa liar dan bunga liar

Wilsons Promontory adalah tempat perlindungan bagi berbagai satwa liar asli termasuk kanguru, emu, wombat, echidna, dan burung berbulu cerah seperti rosella. Kunjungi di musim semi untuk mengalami tampilan spektakuler bunga liar termasuk anggrek, pial, heathland dan spesies lainnya.

Jalur yang indah

Perjalanan dari pintu masuk di Yanakie ke pemukiman Tidal River sangat indah dan memiliki penunjuk arah yang baik, dengan tempat parkir mobil, pantai, dan semak belukar yang dapat diakses melalui jalan samping. Namun, cara terbaik untuk menikmati pemandangan spektakuler adalah di salah satu dari banyak jalan setapak di seluruh semenanjung.

Aksesibilitas

Wilsons Prom memiliki berbagai pantai yang dapat diakses, pilihan akomodasi, penyewaan peralatan yang dapat diakses secara gratis, dan fasilitas di dalam taman. Toilet yang dapat diakses dapat ditemukan di seluruh Tidal River.

Kursi roda segala medan, TrailRider, dan kursi roda pantai tersedia bagi pengunjung taman dengan disabilitas fisik yang signifikan untuk menjelajahi alam bebas. Berbagai peralatan aksesibilitas juga tersedia untuk akomodasi taman di Tidal River untuk membuat masa menginap Anda lebih nyaman.

1. Karakteristik Ekologis

Sebelas habitat utama dapat ditemukan di cagar, termasuk hutan bakau, padang rumput, bukit pasir, hutan hujan, dan hutan. Sekitar 99% dari tanah ditutupi oleh vegetasi asli, dengan 296 spesies fauna, 40 di antaranya terancam atau langka. Hampir setengah dari semua spesies Victoria termasuk dalam avifauna cagar alam, dengan 50% spesies air tawar Victoria yang diketahui juga berada di habitatnya. Contoh spesies utama termasuk Potoroo berhidung panjang, Rawa Antechinus dan Tikus Holland Baru.

Contoh spesies yang terancam punah yang hidup di Wilson’s Promontory termasuk Dermochelys coriacea (Leathery Turtle), Botaurus poiciloptilus (Australasian Bittern), dan Galaxias cleaver(Ikan Lumpur Australia). Selain itu, lebih dari 740 spesies tanaman vaskular asli tumbuh di cagar, lebih dari 100 di antaranya terancam atau jarang. Tegakan bakau putih paling selatan di dunia dan hutan hujan beriklim hangat Blackwood dan Lilly Pilly telah tercatat di daerah tersebut. Selain itu, hibridisasi Mountain Ash, Shining Peppermint, Messmate, dan Brown and Yellow Stringybark menghasilkan perbedaan bentuk dan pertumbuhan hutan yang menakjubkan. Spesies flora yang langka di Victoria atau seluruh Australia, dan ditemukan di cagar alam, termasuk Eucalyptus kitsoniana (Bog Gum), Apium insulare (Island Celery), dan Exocarpos syrticola (Coast Ballart).

2. Karakteristik Sosial Ekonomi

Tiga puluh empat anggota staf tinggal secara permanen di cagar alam, dan 2.500 pengunjung musiman tinggal di Wilson’s Promontory hingga empat minggu dalam setahun. Komunitas lokal – kebanyakan petani dan keluarga mereka – tinggal di kota-kota besar terdekat Yanakie, Foster dan Fish Creek. Aborigin lokal mengakui cagar alam sebagai tempat yang sangat spiritual yang telah ditempati oleh nenek moyang mereka selama lebih dari 6.500 tahun. Situs umum suku Aborigin yang dulunya tinggal di daerah pesisir cagar alam termasuk hamburan artefak dan timbunan kerang.

Peninggalan dari awal 1800-an, seperti lokasi penambangan emas, kantor pos, sisa-sisa stasiun perburuan paus, dan bangkai kapal juga memberikan bukti sejarah panjang kegiatan rekreasi dan komersial non-Aborigin. Saat ini, pemeliharaan lebah, perikanan dan pariwisata adalah kegiatan ekonomi utama yang dilakukan di dalam cagar biosfer.Sekitar 400.000 turis nasional dan 15.000 turis asing mengunjungi Wilson’s Promontory setiap tahun, untuk melakukan berbagai kegiatan, termasuk hiking, memancing, power boating, berkemah, dan berenang.

3. FLORA

Flora di Wilsons Promontory sangat spektakuler, penuh warna dan kaya. Menawarkan berbagai macam spesies tanaman adalah mudah untuk melihat mengapa begitu banyak fotografer dan wisatawan mengunjungi Wilsons Prom sepanjang tahun. Sejumlah besar Anggrek ditemukan di seluruh taman dalam berbagai varietas dan warna. Wilsons Prom juga menawarkan pameran spesies langka dan alaminya sendiri.

Di bawah ini adalah daftar beberapa flora yang mungkin Anda jumpai selama Anda di Wilsons Prom:

  • – Avicennia Marina Subsp- White Mangrove -Semak kecil yang tumbuh setinggi 9m
  • – Bunga correa alba – semak kecil yang tumbuh setinggi 1,5m
  • – Bunga Correa Reflexa (Fuchia Asli)-semak yang tumbuh setinggi 1,2 m
  • – Anggrek Anzybas Unguiculatus- bunga kecil, tumbuh setinggi 4cm
  • – Eucalyptus kitsoniana- Pohon yang tumbuh dari tinggi 6m hingga 8m
  • – Tmesipteris parva- Pakis kecil ini tumbuh hingga 10cm panjang
  • – Coast Banksia- pohon yang dapat tumbuh di mana saja dengan tinggi 6-15 m
  • – Arachnorchis clavigera (laba-laba plainlip)- tumbuhan berbunga yang dapat tumbuh setinggi 40cm
  • – Diuris Orientis- Anggrek yang pada batang tegak dapat tumbuh setinggi 45cm
  • – Drosera auriculata- tumbuhan berbunga yang bila bercabang dapat tumbuh sepanjang 15-70 cm
  • – Corymbia Gummifera-pohon kulit kayu yang tumbuh setinggi 5 m dengan tanaman berbunga dan buah-buahan
  • – Sambucus australasica- bunga dan buah sebagai perdu setinggi 2-4 m
  • – Nimfa Laut – Tumbuhan tegak terendam yang tumbuh kira-kira. 90cm

4. Satwa

Taman Nasional Wilsons Prom adalah rumah bagi sejumlah besar hewan darat dalam segala bentuk dan ukuran. Dari yang terancam punah hingga sebagian besar penduduknya, Wilsons Prom menampung banyak hewan.
Area terlindung hingga ruang terbuka yang luas menyediakan habitat yang sempurna untuk semua jenis makhluk, apakah mereka penghuni malam atau lebih suka keluar di siang hari.

Perumahan begitu banyak hewan Wilsons Prom adalah tempat yang bagus untuk melihat-lihat beberapa hewan Anda mungkin dapat melihat setidaknya sekilas sementara di Prom adalah:

  • – Wombat berhidung berbulu
  • – Naga air Gippsland
  • – Echidna
  • – Rattus lutreolus (tikus rawa)

Di bawah ini adalah daftar beberapa kehidupan hewan darat yang mungkin Anda temui saat berada di Wilsons Promontory:

1, White Footed Dunnart

Dengan bulu coklat muda sampai gelap, marsupial ini relatif kecil tumbuh hingga 200mm panjang dan berat 18g.
The White footed Dunnart bergantung pada lingkungan hutan dengan perlindungan yang dibutuhkan setiap saat.
Memakan reptil kecil (panjang hingga 17 mm) dan segala jenis invertebrata.

2, Poteroo berhidung panjang

Memiliki warna coklat keabu-abuan di bagian atas/punggung dan abu-abu muda di bagian bawah hewan , hewan berkantung ini dapat tumbuh di mana saja hingga panjangnya sekitar 700mm dan biasanya beratnya sekitar 700-1700 g.
Habitat Poteroo Hidung Panjang adalah hutan pantai, dengan area yang padat di bawah kaki.
Marsupial memakan banyak buah-buahan yang ditemukan di daerah hutan hujan (hypogeous) dan juga serangga kecil dan larva.

3, Feather Tailed Glider

Berwarna cokelat keabu-abuan dengan bagian bawah putih dan ekor tidak berbulu yang khas. Feather Tailed Glider adalah marsupial meluncur terkecil yang dikenal di dunia dengan ukuran 160mm dari kepala ke ekor dan beratnya hanya 10-15g.
Glider diketahui hidup di semua jenis hutan di daerah berpohon, tetapi di habitat hutan lebih suka hidup di habitat berpohon di ketinggian.
Glider ekor bulu memakan banyak item berbeda seperti serbuk sari, embun madu, dan banyak serangga.

4, New Holland Mouse

Dengan warna abu-abu kecokelatan di bagian atas dan ekornya yang berwarna cokelat kehitaman, New Holland Mouse memiliki panjang kepala dan tubuh antara 85-95mm dan berat hingga 20g.
The New Holland Mouse biasanya ditemukan di daerah pesisir dan maks. 900m di atas permukaan laut dan di tanah yang lebih lunak untuk memudahkan saat menggali liang.
Tikus ini aktif di malam hari dan bergantung pada biji, jamur, dan invertebrata.

5, Eastern Pygmy-possum

Sebuah marsupial abu-abu-coklat nokturnal dengan telinga seperti daun, Eastern Pygmy Possum dapat tumbuh dari 15-22 cm (kepala hingga ekor) dan beratnya mencapai 25g.
Marsupial ini ditemukan di habitat dari hutan ke hutan hujan dan sering terlihat sendiri (hewan soliter)
Makanan yang disukai hewan-hewan ini adalah serbuk sari dan nektar seperti banyak posum lainnya, tetapi mereka juga memakan serangga kecil dan buah-buahan.

6, Dusky Antechinus

Salah satu yang terbesar dalam spesies Antechinus The Dusky Antechinus lebih dari 12 cm dan beratnya berkisar antara 40 (betina) sampai 70 (jantan) gram.
Sarang berkantung di vegetasi tebal di tanah atau di log berlubang di daerah hutan hujan.
Dusky Antechinus adalah marsupial karnivora dan memakan hal-hal seperti invertebrata, kadal, burung kecil dan marsupial lainnya (seperti tikus)

7, Echidna (berparuh pendek)

Echidna ini dibandingkan dengan platipus saat bertelur tetapi masih merupakan jenis mamalia (dikenal sebagai monotremata). Mereka adalah warna coklat keabu-abuan dan mereka ditutupi rambut kasar dan paku tebal. Echidnas bisa memiliki panjang antara 30-50cm dan beratnya bisa mencapai 1,5-7 kg.
Echidna dikenal tidak hanya memiliki satu habitat tertentu. Echidna memakan sebagian besar rayap sehingga di mana ada kayu, monotremata dapat bertahan hidup. Makanan Echidnas terutama terdiri dari semut dan rayap.

8, Possum ekor sikat

Biasanya mamalia ini berwarna hitam atau abu-abu tetapi di beberapa daerah bisa berwarna tembaga. Kuskus ekor sikat tumbuh hingga 500mm panjang tidak termasuk ekornya yang dapat berkisar dari 200mm-400mm panjangnya, dengan itu dikatakan tidak mengherankan bahwa mereka dapat menimbang p sampai 5kgs.
Habitat yang disukai posum ekor sikat adalah di pohon-pohon karet yang tersembunyi sehingga sulit dikenali di siang hari karena mereka adalah makhluk nokturnal.
Posum ini memakan banyak jenis vegetasi seperti daun kayu putih, bunga, dan biji-bijian. Possum juga memakan serangga kecil dan larva.

Taman Nasional Wilsons Promontory adalah perpaduan yang indah antara warisan dan alam dalam satu area yang indah. Dengan berbagai Flora dan Fauna yang menakjubkan yang tersebar di seluruh lingkungan hutan semak dan laut, sementara taman ini menawarkan sejarah Aborigin dan Eropa awal yang menakjubkan dan sangat terkenal.

Baca juga : Tempat Wisata Alam Terbaik dan Terindah di Amerika Serikat

terbentang di atas garis pantai daratan sepanjang 17 km yang luas dan terbuka untuk semua orang, Taman Nasional Wilsons Promontory adalah tempat yang indah untuk menikmati lingkungan indah yang ditawarkan Australia. Wilsons Promontory terletak 157kms tenggara Melbourne dan merupakan tempat yang sempurna untuk pergi sehari atau pergi untuk waktu yang lama.

Dari satwa liar dan bunga-bunga indah hingga tempat berkemah, berenang, dan berjalan-jalan yang indah, Wilsons Prom memiliki semuanya. Apakah Anda mengunjungi untuk hari atau liburan, Anda pasti akan bersenang-senang.

Wilsons Prom memiliki sejarah dan hewan yang indah dan kaya yang akan membuat Anda takjub. Hanya sedikit perjalanan dari Melbourne yang perlu Anda lakukan untuk menemukan tempat yang luar biasa menakjubkan ini untuk diri Anda sendiri!